Ad (728x90)

INFO :
Batas akhir pengisian Rapor calon PDB tanggal 5 Juni 2020 Informasi PPDB 2020 Hub. Bpk. Asep Heryadi, S.Pd (0853-1944-0636) PAT Kelas X & XI dilaksanakan Selasa, 2 Juni 2020 secara Daring dari pukul 08.00-18.00 #StayAtHome and #StaySafe

Silahkan adik-adik kelas IX SMP/MTs yang ingin bergabung dengan SMKN Parungponteng klik tombol berikut:



Bagi yang sudah mendaftar silahkan untuk melanjutkan untuk mengisi nilai Rapor

Komunitas Kewirausahaan



SMK adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang tujuannya adalah menciptakan lulusannya untuk siap bekerja tapi yang utamanya adalah membuka lapangan pekerjaan. Minimal membuka lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri. Untuk sekarang tidak hanya itu saja tujuannya, SMK juga sudah bisa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Istilah kerennya adalah SMK itu BMW (Bekerja Melanjutkan Wirausaha).

SMKN Parungponteng adalah salah satu SMK yang siap untuk mewujudkan tujuan utama dari SMK itu sendiri. Maka di SMKN Parungponteng membuka ekstrakurikuler Komunitas Kewirausahaan. 

Komunitas Kewirausahaan ini adalah komunitas dimana siswa yang berjiwa usaha berkumpul. Disini siswa dilatih bagaimana untuk menjadi seorang pengusaha. Rata-rata dikomuntias ini para siswa mempunyai ide atau produk sendiri. Kendala yang dihadapi oleh siswa sebelum masuk ke komunitas ini adalah mereka bingung untuk memasarkan produk mereka.

"Mereka (siswa) produknya bagus-bagus, idenya juga bagus-bagus. Namun mereka bingung cara memasarkan produk dan jasanya. Dan mereka juga kebanyakan tidak pede (percaya diri) dalam memasarkannya.  Jadi kami disini membantu siswa untuk percaya diri dengan produk atau jasanya, memberikan arahan cara memasarkannya, membuat pembukuan dan lain-lain." Tutur Ai Srimulyatin, S.Pd selaku pembina komunitas kewirausahaan di SMKN Parungponteng.


Saat pertama kali launching produk Komunitas Kewirausahaan


Komunitas ini pertama kali launching pada tahun ajaran 2019/2020. "Komunitas ini sudah satu tahun berlangsung, dan Alhamdulillah untuk hasilnya sudah melebihi ekspektasi kami." Tambah Ai Sri sapaan akrabnya. Latar belakang komunitas kewirausahaan terbentuk yaitu karena SMKN Parungponteng menjadi salah satu SMK rujukan dalam program SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) dari pemerintah pusat.



"Terbukti, dari modal Rp. 3.210.925‬ itu mendapat laba sebanyak Rp. 3.480.400 dalam waktu satu bulan." Tutur Zamzam Almubarok, S.Sn sebagai guru Kewirausahaan. 

Kegiatan Komunitas Kewirausahaan saat mengadakan bazar

Untuk mengenal lebih dekat dengan Komunitas Kewirausahaan SMKN Parungponteng kami sampaikan struktur organisasinya.


STRUKTUR ORGANISASI KOMUNITAS KEWIRAUSAHAAN
SMKN PARUNGPONTENG


Pembina
: Ai Srimulyatin, S.Pd
Guru Pembimbing
: Zamzam Almubarok
Ketua
: Lutfi
Wakil Ketua
: AA Rizky Abdul
Sekretaris
: Siti Sumira
Bendahara
: Sinta Bela
Seksi Pemasaran
: Alifia Putri Yushar
  Resti Jesika
Seksi Humas
: Lienda Trieyani
  Sonia Lestari


PROGRAM KERJA KOMUNITAS KWU
1. Mengadakan bazar setiap satu minggu sekali untuk meningkatkan eksistensi komunitas kwu
2. Melakukan penjualan online supaya orang-orang di luar sekolah juga bisa membeli produk yang disediakan oleh anggota kwu .
3. Berjualan makanan di sekolah dengan cara berkeliling dan juga online .
4. Mengadakan video konference bersama komunitas kwu di sekolah lain di seluruh Indonesia .
5. Melakukan kegiatan studi banding ke sekolah yang komunitas kwu nya sudah maju .
6. Rutin melakukan kegiatan laporan keuangan dan laba rugi 
7. Membiasakan menabung hasil / untung yang di dapat .


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel